PERSYARATAN VISA JAPAN

 

  1. PASPOR BARU (MASA BERLAKU MIN 8 BULAN) DAN PASPOR LAMA
  2. SURAT SPONSOR DITUJUKAN KEPADA KEDUTAAN JEPANG
  3. COPY SIUP JIKA PEMILIK USAHA
  4. BUKTI KEUANGAN copy 3 BULAN TERAKHIR; Untuk pengurusan Visa Jepang tidak boleh hanya melampirkan Deposito, namun harus disertai dengan tabungan. Bukti keuangan yang dilampirkan harus ada tertera jelas nama pemilik rekening, no rekening dan nama Bank. Apabila ada bukti keuangan yang tidak terdapat nama Bank, maka harus minta cap ke Bank yang bersangkutan di halaman paling depan bukti keuangan.
  5. SURAT REKOMENDASI DARI BANK YANG DITUJUKAN KE KEDUTAAN JEPANG
  6. COPY KK, AKTE LAHIR, AKTE NIKAH, GANTI NAMA KALAU ADA
  7. SCAN KTP / BOLEH COPY KALAU JELAS
  8. UNTUK PELAJAR HARUS MELAMPIRKAN SURAT KETERANGAN DARI KAMPUS / SEKOLAH YANG MENCANTUMKAN NAMA, NO.INDUK MAHASISWA/I, JURUSAN, DAN PROGRAM YANG DIAMBIL (S1/DIPLOMA)
  9. ISI KHUSUS NO. TELP & HP SERTA TANDA TANGAN DI FORMULIR & ITINERARY (UNTUK  ITINERARY HARUS DI ISI OLEH PASSENGER NAMUN DI KERTAS POLOS KARENA TULISAN DI LEMBAR FORM DAN ITINERARY DI ISI PIHAK TRAVEL )
  10. Untuk pengurusan Visa Jepang Anak di bawah umur (belum punya KTP) yang sudah bisa / ada tanda tangan di paspor, pada saat penandatanganan di formulirnya selain tanda tangan si anak harus menyertakan tanda tangan orang tua dua-duanya / salah satu orang tua. Apabila si anak belum bisa tanda tangan (unable to sign) di paspor, maka formulir harus di tanda tangani oleh kedua orang tua.
  11. FOTO 4,5 X 4,5 = 2 LEMBAR BERWARNA BACK GROUND  PUTIH, foto tidak menggunakan kacamata, tidak boleh kelihatan gigi, dahi harus terlihat (rambut tidakboleh berponi) . HARUS FOTO DI STUDIO.
  12. SURAT UNDANGAN JIKA DALAM RANGKA BISNIS
  13. PRINT OUT TICKET
  14. KONFIRMASI HOTEL / NAMA, ALAMAT, DAN NOMOR TELEPON HOTEL YANG AKAN DITEMPATI SELAMA DI JEPANG (HARAP DI ISI DI FORMULIR / FORMULIR ITIN )
  15. UNTUK ORANG ASING HARUS MELAMPIRKAN KITAS DAN EXIT RE-ENTRY PERMIT YANG MASIH BERLAKU

 

SEANDAINYA ADA KELUARGA DI NEGARA TUJUAN DAN SELAMA DI SANA TINGGAL DI RUMAH SAUDARA, MAKA HARUS MELAMPIRKAN :

  • COPY PASPOR DAN KTP (ALIEN REGISTRATION CARD ) SAUDARA BERSANGKUTAN YANG TINGGAL DI NEGARA TERSEBUT
  • SURAT UNDANGAN DARI SAUDARA YANG MENGUNDANG / JUMINHYO JIKA PENGUNDANG ADALAH ORANG JEPANG ASLI (BUKAN BISNIS)
  • BUKTI HUBUNGAN KELUARGA SEPERTI AKTE LAHIR

 

PERSYARATAN VISA JEPANG TRANSIT (TUJUAN UTAMA USA & CANADA)

  1. PASPOR BARU (MASA BERLAKU MIN 8 BULAN) DAN PASPOR LAMA
  2. VISA NEGARA TUJUAN UTAMA (USA & CANADA) YANG MASIH BERLAKU
  3. SCAN KTP / BOLEH COPY KALAU JELAS
  4. FOTO 4,5 X 4,5 = 2LEMBAR BERWARNA BACK GROUND  PUTIH
  5. ISI KHUSUS NO. TELP & HP SERTA TANDA TANGAN DI FORMULIR LEMBAR FORM DAN
  6. TIKET ASLI PP (RETURN)

 

Berikut kami sertakan pula formulir visa  jepang dan Form Itin Jepang disarankan harus asli.

NOTE :

Mulai tanggal 1 Desember 2014 Visa Jepang (kunjungan singkat) tujuan turis, bisnis, dan kunjungan teman/keluarga/relative khusus pemegang E-Paspor warga negara Indonesia cukup melakukan registrasi ke Kedutaan Jepang di Indonesia dengan hanya melampirkan E-Paspor, Paspor lama dan mengisi formulir khusus registrasi Visa Waiver. Lama proses pengurusan registrasi adalah 7 hari kerja.

Apabila Registrasi di approve, maka kedutaan akan mengembalikan E-Paspor disertai dengan lembaran “visa waiver registration certificate”. Masa berlaku “visa waiver registration certificate” paling lama sampai 3 tahun ( tergantung dari keputusan Kedutaan dan di lihat dari masa berlaku paspor) dengan durasi tinggal hanya sampai 15 hari dalam setiap kali kunjungan ke Jepang. Apabila pengajuan Registrasi tidak di approve, maka yang bersangkutan harus apply Visa Jepang dengan memenuhi syarat dan ketentuan seperti biasa.

 

per tanggal 21 Maret 2016 pengurusan Visa Jepang adalah sebagai berikut (pengumuman terlampir di attachment dengan nama file Syarat Jepang.JPG) :

  • Dokumen persyaratan Visatidak boleh di staples

Jangan menggunakan staples untuk menyatukan dokumen, harap selalu menggunakan klip. Semua dokumen yang dilampirkan tidak boleh ada tanda bolong / bekas staples

  • Jangan gunakan kertas selain A4

Selalu gunakan kertas A4 termasuk untuk formulir aplikasi, fotokopi KTP, dan fotokopi bukti keuangan, harap tidak menggunakan kertas F4 dan jenis kertas lainnya (termasuk surat sponsor dari Perusahaan)

  • Tempelkan foto dengan benar agar tidak mudah lepas; apabila tidak di tempel, tolong dituliskan nama masing – masing peserta dibelakang foto
  • Semua dokumen harus dalam keadaan Rapih, tidak boleh dilipat atau di tekuk.